Pages

Minggu, 27 Mei 2012

USE CASE

Pengertian Use Case :

      Use Case merupakan sebuah teknik yang digunakan dalam pengembangan sebuah software atau sistem informasi untuk menangkap kebutuhan fungsional dari sistem yang bersangkutan, Use Case menjelaskan interaksi yang terjadi antara ‘aktor’ – inisiator dari interaksi sistem itu sendiri dengan sistem yang ada, sebuah Use Case direpresentasikan dengan urutan langkah yang sederhana.



        Aktor adalah sesuatu atau seseorang yang ada di luar sistem dan ikut berperan serta dalam aktifitas sistem. Aktor bisa berupa: End User, perangkat hardware, bahkan sistem yang lain. Setiap use case merupakan sebuah seri yang lengkap dari sebuah event kejadian, dilihat dari sudut pandang aktor.

         Fokus dari sebuah use case adalah menjelaskan bagaimana mencapai sebuah tujuan atau goal. Dalam pengembangan software, dibutuhkan banyak use case untuk mendefinisikan scope dari sebuah system. derajat formalitas dari sebuah sistem yang dikembangkan menentukan level detail yang dibutuhkan dari sebuah use case.

       Use Case sebaiknya jangan dicampuradukan dengan fitur dari sistem, sebuah use case mungkin berhubungan dengan satu atau lebih fitur sistem, sebuah fitur mungkin terelasi dengan satu atau lebih use case.

Pengertian Use Case Diagram

Pengertian :
● Use case class digunakan untuk memodelkan dan menyatakan unit fungsi/layanan yang disediakan oleh sistem (or bagian sistem: subsistem atau class) ke pemakai.
● Use case dapat dilingkupi dengan batasan sistem yang diberi label nama sistem.
● Use case adalah sesuatu yang menyediakan hasil yang dapat diukur ke pemakai atau sistem eksternal.

Karakteristik :
– Use cases adalah interaksi atau dialog antara sistem dan actor, termasuk pertukaran pesan dan tindakan yang dilakukan oleh sistem.
– Use cases diprakarsai oleh actor dan mungkin melibatkan peran actor lain. Use cases harus menyediakan nilai minimal kepada satu actor.
– Use cases bisa memiliki perluasan yang mendefinisikan tindakan khusus dalam interaksi atau use case lain mungkin disisipkan.
– Use case class memiliki objek use case yang disebut skenario. Skenario menyatakan urutan pesan dan tindakan tunggal.
Komponen Pembentuk Use Case Diagram :
1. Actor
Pada dasarnya actor bukanlah bagian dari use case diagram, namun untuk dapat terciptanya suatu use case diagram diperlukan beberapa actor. Actor tersebut mempresentasikan seseorang atau sesuatu (seperti perangkat, sistem lain) yang berinteraksi dengan sistem. Sebuah actor mungkin hanya memberikan informasi inputan pada sistem, hanya menerima informasi dari sistem atau keduanya menerima, dan memberi informasi pada sistem. Actor hanya berinteraksi dengan use case, tetapi tidak memiliki kontrol atas use case. Actor digambarkan dengan stick man . Actor dapat digambarkan secara secara umum atau spesifik, dimana untuk membedakannya kita dapat menggunakan relationship
Actor
    Gambar Actor
2. Use Case
Use case adalah gambaran fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga customer atau pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun.
Catatan : Use case diagram adalah penggambaran sistem dari sudut pandang pengguna sistem tersebut (user), sehingga pembuatan use case lebih dititikberatkan pada fungsionalitas yang ada pada sistem, bukan berdasarkan alur atau urutan kejadian.
Cara menentukan Use Case dalam suatu sistem:
a. Pola perilaku perangkat lunak aplikasi.
b. Gambaran tugas dari sebuah actor.
c. Sistem atau “benda” yang memberikan sesuatu yang bernilai kepada actor.
d.   Apa yang dikerjakan oleh suatu perangkat lunak (*bukan bagaimana cara mengerjakannya).
Use Case
    Gambar Use Case
Relasi dalam Use Case
Ada beberapa relasi yang terdapat pada use case diagram:
1. Association, menghubungkan link antar element.
2. Generalization, disebut juga inheritance (pewarisan), sebuah elemen dapat merupakan spesialisasi dari elemen lainnya.
3. Dependency, sebuah element bergantung dalam beberapa cara ke element lainnya.
4. Aggregation, bentuk assosiation dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.
Tipe relasi/ stereotype yang mungkin terjadi pada use case diagram:
1. <<include>> , yaitu kelakuan yang harus terpenuhi agar sebuah event dapat terjadi, dimana pada kondisi ini sebuah use case adalah bagian dari use case lainnya.
2. <<extends>>, kelakuan yang hanya berjalan di bawah kondisi tertentu seperti menggerakkan alarm.
3. <<communicates>>, mungkin ditambahkan untuk asosiasi yang menunjukkan asosiasinya adalah communicates association . Ini merupakan pilihan selama asosiasi hanya tipe relationship yang dibolehkan antara actor dan use case.
3. Contoh Use Case Diagram

Contoh Use Case
                                                                         Contoh Use Case Diagram


TAMBAHAN MENGENAI USE CASE DIAGRAM

USE CASE DIAGRAM
•Menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem.
Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”.
•Menggambarkan kebutuhan system dari sudut pandang user
•Mengfokuskan pada proses komputerisasi (automated processes)
•Menggambarkan hubungan antara use case dan actor
•Use case menggambarkan proses system (kebutuhan system dari sudut pandang user)
•Secara umum use case adalah:
   –Pola perilaku system
   –Urutan transaksi yang berhubungan yang dilakukan oleh satu actor
•Use case diagram terdiri dari
   –Use case
   –Actors
   –Relationship
   –System boundary boxes (optional)
   –Packages (optional)

USE CASE
• Use case dibuat berdasar keperluan actor, merupakan “apa” yang dikerjakan system, bukan “bagaimana”   system mengerjakannya
• Use case diberi nama yang menyatakan apa hal yang dicapai dari hasil interaksinya dengan actor.
• Use case dinotasikan dengan gambar (horizontal ellipse)
• Use case biasanya menggunakan kata kerja
• Nama use case boleh terdiri dari beberapa kata dan tidak boleh ada 2 use case yang memiliki nama yang sama

ACTOR
• Actor menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder yang menyediakan atau menerima informasi dari system
• Actor menggambarkan sebuah tugas/peran dan bukannya posisi sebuah jabatan
• Actor memberi input atau menerima informasi dari system
• Actor biasanya menggunakan Kata benda
• Tidak boleh ada komunikasi langsung antar actor
• Indikasi <<system>> untuk sebuah actor yang merupakan sebuah system
• Adanya actor bernama “Time” yang mengindikasikan scheduled events (suatu kejadian yang terjadi secara periodik/bulanan)
• Letakkan actor utama anda pada pojok kiri atas dari diagram

ASSOCIATION

• Associations bukan menggambarkan aliran data/informasi
• Associations digunakan untuk menggambarkan bagaimana actor terlibat dalam use case
• Ada 4 jenis relasi yang bisa timbul pada use case diagram
   1. Association antara actor dan use case
   2. Association antara use case
   3. Generalization/Inheritance antara use case
   4. Generalization/Inheritance antara actors


ASSOCIATION ANTARA ACTOR DAN USE CASE

• Ujung panah pada association antara actor dan use case mengindikasikan siapa/apa yang meminta interaksi dan bukannya mengindikasikan aliran data
• Sebaiknya gunakan Garis tanpa panah untuk association antara actor dan use case
• association antara actor dan use case yang menggunakan panah terbuka untuk mengindikasikan bila actor berinteraksi secara pasif dengan system anda
 
ASSOCIATION ANTARA USE CASE (LANJUT)
• <<extend>> perluasan dari use case lain jika kondisi atau syarat terpenuhi
– Kurangi penggunaan association Extend ini, terlalu banyak pemakaian association ini membuat diagram sulit dipahami.
– Tanda panah terbuka harus terarah ke parent/base use case
– Gambarkan association extend secara vertical
                                                                        
GENERALIZATION/INHERITANCE ANTARA ACTOR
• Gambarkan generalization/inheritance antara actors secara vertical dengan inheriting actor dibawah base/parent use case



USE CASE SYSTEM BOUNDARY BOXES

• Digambarkan dengan kotak disekitar use case, untuk menggambarkan jangkauan system anda (scope of of your system).
• Biasanya digunakan apabila memberikan beberapa alternative system yang dapat dijadikan pilihan
• System boundary boxes dalam penggunaannya optional



1 komentar:

Unknown mengatakan...

kalau use case diagram untuk hardware komputer ada gx yw... (Y) (Y)

Posting Komentar